Articles

Wanita Karir

In Working on Mei 13, 2006 by nonblogs

Mungkin ini hal klasik. Dimana sebenarnya posisi wanita? Haruskah tetap di rumah, dan berkarya untuk keluarga? Atau berkarir di luar rumah? Boleh jadi setiap orang akan berbeda pendapat mengenai hal ini. Dan kalaupun sudah mempunyai pendapat, belum tentu dapat mengaplikasikan pendapatnya itu sebagai sebuah keputusan yang harus dilaksanakan.

Saya sedang mencoba mengumpulkan beberapa hal yang berhubungan dengan masalah wanita karir ini.


Keuangan
Paling tidak untuk hal yang satu ini, wanita jadi lebih mandiri. Jika dia belum menikah, di satu sisi akan membuat percaya diri nya semakin tinggi, tapi bisa berakibat lelaki jadi lebih berhati-hati bahkan mungkin takut untuk melakukan pendekatan.

Untuk yang sudah menikah, jelas akan membantu pendapatan keluarga. Tetapi perlu dipikirkan juga efek samping untuk hal keuangan ini. Dengan bekerja di luar rumah, berarti akan mengeluarkan uang transport yang secara rutin harus anda keluarkan setiap hari. Sedangkan kalau anda dirumah, pengeluarannya tidak akan setiap hari.
Anda tidak bisa memasak sendiri karena waktu dan tenaga sudah habis untuk bekerja sehingga efeknya, harus mengeluarkan biaya konsumsi/makan yang dibeli di luar yang harganya pasti lebih mahal dibandingkan jika kita masak sendiri.
Pengeluaran lain yang mungkin timbul yakni, anggaran untuk pembantu rumah tangga yang membengkak. Karena dibutuhkan lebih dari satu orang pembantu. Bisa jadi yang satu untuk mengurus rumah dan memasak, sedangkan yang lain menjadi baby sitter. Sedangkan jika anda dirumah, paling tidak anda bisa melakukan salah satunya. Hal ini jelas akan meringankan biaya untuk pos ini.
Yang mungkin agak terlupakan yakni, biaya mainan untuk anak. Ibu yang bekerja di luar rumah, cenderung mengkompensasikannya dengan memberikan mainan yang berlebih ke sang ananda. Harganya? Wah, itu bisa bervariasi. Bisa 10.000 dapat 3, atau 50.000 sebuah. Atau mau playstation yang bisa mencapai jutaan rupiah?

bersambung

Satu Tanggapan to “Wanita Karir”

  1. Wanita tidak lagi harus di rumah, tetapi wanita bisa Berkarir sesuai dengan kemampuan dan tidak melupakan kodrat sebagai wanita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: