Articles

Lokasi VS Konsep

In Uncategorized on Juni 1, 2006 by nonblogs

Di dunia bisnis, terutama retail, seringkali kita mendengar bahwa kunci keberhasilan suatu usaha adalah pemilihan lokasi yang tepat. Faktor berikutnya adalah lokasi, yang ketiga? Lokasi juga. Tapi benarkah demikian?

Sungguh suatu pertanyaan yang menarik, benarkah hanya lokasi yang menentukan keberhasilan suatu usaha [terutama usaha retail]? Sudah banyak contoh memang untuk menunjukkan bahwa lokasi yang tepat, merupakan faktor penunjang dari keberhasilan suatu usaha. Contoh yang paling gampang adalah rumah makan Padang yang seringkali berada di daerah persimpangan. Karena disitulah banyak orang belalu lalang.

Nah, sekarang jika ada toko retail yang berada di lokasi bagus tetapi secara konsep biasa-biasa saja, apakah akan berhasil? Mungkin jika disurvey, hasilnya akan lebih banyak ya dari pada tidak. Terus apabila ada toko retail yang berada di lokasi kurang bagus, tetapi secara konsep sangat bagus akankah berhasil? Mungkin jawabannya lebih beragam. Karena memang belum banyak contoh untuk menunjukkan keberhasilannya.

Kalau anda pernah nonton film Bugsy, mungkin anda ingat bahwa Las Vegas yang sekarang ramainya setengah mati dulunya adalah padang pasir! Apakah lokasinya bagus? Jika anda hidup pada jaman itu dan ditanya seperti itu, pasti jawabannya jelek. Tetapi dengan konsep yang dia punya, ternyata Bugsy berhasil mengalahkan teori lokasi, lokasi, lokasi dengan konsep. Dan sekarang lokasi tersebut menjadi lokasi yang sangat strategis dan pasti bernilai sangat mahal.

Akan lebih baik kita tidak membuat dikotomi antara lokasi dan konsep. Jika satu toko berlokasi sangat bagus dan mempunyai konsep yang bagus, unik, saya yakin tingkat keberhasilannya akan lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: