Articles

Subsidi untuk Bus Trans Jakarta adalah HAK RAKYAT

In Opini on Januari 15, 2007 by nonblogs

Baru-baru ini ada rencana dari Pemda DKI dan DPRD DKI untuk menaikkan tarif Bus Trans Jakarta, yang semula Rp. 3.500 untuk ke semua jalur, menjadi sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 7.000.

Alasan rencana kenaikan karena subisidi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Seandainya tarif tetap Rp. 3.500, subisidi yang diberikan Pemda DKI sebesar Rp. 500 Milyar. Dan seandainya tarif dinaikkan menjadi Rp. 6.000 subsidinya sebesar Rp. 75 Milyar.

Kalau rencana ini benar dilaksanakan, baik Eksekutif maupun Legislatif di Jakarta telah kehilangan akal sehatnya. Buat kami sebagai rakyat, subsidi untuk transportasi semacam itu adalah HAK yang harus kita terima. Dan penguasa WAJIB memberikannya. Begitu banyak pajak yang telah berikan kepada penguasa. Sampai kencing pun bayar. Mana ada yang gratis di sini.

Seandainya hak yang sudah sepatutnya diterima masyarakat pun disunat, tidak berlebihankah kalau saya sebut mereka itu sewenang-wenang. Bagaimana tidak, pada saat mereka akan memotong subsidi, ternyata gaji mereka naik. Gaji anggota DPRD DKI Jakarta berdasarkan PP No 37 no 2006 adalah sebesar 24.5 Juta Rupiah. Terdiri dari gaji Rp. 5 Juta, tunjangan perumahan Rp. 12 Juta, dan yang terbaru tunjangan konsultasi Rp. 7.5 Juta.

Sebenarnya kalau jujur sih, gaji Rp. 5 Juta untuk anggota dewan yah nggak gedhe-gedhe amat sih. Karyawan swasta dengan pengalaman kerja 5 tahun lebih dan kualifikasi yang menengah, banyak yang menerima gaji sebesar itu. Cuma tunjangan buat anggota Dewan itu yang bikin nggak kuat lihatnya. Belum kalau kalau ada uang Pansus, Pokja, Reses. Ueedan tenan …

Pola yang dipakai di luar negeri, untuk hal-hal yang berhubungan dengan rakyat banyak seperti transportasi, akan diurus oleh pemerintah dengan pertimbangan kalau diurus swasta murni, tarif yang dikenakan akan tinggi karena swasta itu akan mencari keuntungan. Sedangkan kalau pemerintah tanpa mengurangi masalah kenyamanan, berkewajiban untuk melayani.

Kalau disini?

Bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah?

5 Tanggapan to “Subsidi untuk Bus Trans Jakarta adalah HAK RAKYAT”

  1. betul mas. di negara maju pun, angkutan massal seperti ini pun masih disubsidi. pemda dki ini maunya gak jangan naik motor, tapi disuruh naik busway yang hargnya naik berlipat-lipat.

  2. betul mas. di negara maju pun, angkutan massal seperti ini pun masih disubsidi. pemda dki ini maunya gak jangan naik motor, tapi disuruh naik busway yang hargnya naik berlipat-lipat.

  3. betul mas. di negara maju pun, angkutan massal seperti ini pun masih disubsidi. pemda dki ini maunya gak jangan naik motor, tapi disuruh naik busway yang hargnya naik berlipat-lipat.

  4. Jangan hapus subsidi!
    http://www.suaratransjakarta.org

  5. subsidi ???
    kok anda2 ga teriak2 u/ mensubsidi kendaraan umum yg laen sih??
    misalnya kaya metromini/kopaja/mikrolet/mayasari bakti atw taxi.. mereka kan kendaraan umum juga..

    mang brp sih penumpang busway sehari?? bandingin deh dgn jumlah penumpang non busway yg disubsidi..

    enak bgt yahh para ‘komisaris2 pt transjakarta’…
    udah disubsidi buat pembangunan jalur khusus bus, pengediaan kendaraan, halte sampe tetek bengek…
    masih juga minta subsidi u/ operational..

    malu dong dgn pengusaha mikrolet…
    mobilnya mrk byk yg kredit, tiap hari panas2 buat ngejar setoran,.. sering bikin dosa gara2 maen kucing sama polisi.. halte/terminal mereka.. ga ada ac-nya..
    tapi mereka ga minta subsidi tuhh//

    brp sih gaji para komisaris transjakarta?? kok ga sebutin??
    brp duit sih uang rakyat yg diabis2in buat proyek per-kolidor (blok m-kota)…
    brp sih penumpang busway dalam sehari?? apa tepat sasaran??
    anda sebutkan subsidi buat rakyat.. rakyat yg mana??
    brp sih biaya operational satu unit busway per km??
    brp sih uang yg diinvestasikan dari swasta buat proyek busway?

    byk lagi ahhh.. ntar disambung lagi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: