Articles

Republik Blog 1st Anniversary

In Blog on Februari 13, 2007 by nonblogs

Hari ini, 13 Februari 2007, genap satu tahun lalu saya posting pertamadi blog ini. Sebenarnya ini bukan blog pertama saya. Ada beberapa blog yang sudah saya buat, dengan berbagai macam tema dan di berbagai macam blog hosting, tapi blog ini lah yang paling konsisten saya update.Dorongan itu muncul setelah saya bingung mau membikin blog semacam apa. Sebelumnya saya sempat membuat blog yang isinya masalah personal, tapi saya kurang suka dengan mengungkapkan urusan pribadi ke publik. Jadi, akhirnya saya buat blog sebagai tempat untuk menuangkan pikiran atau komentar atas segala hal yang saya temui, lihat, dan dengar. Makanya saya sebut Republik Blog. Jadi isinya ya gado-gado.

Apa sih untungnya punya blog? Coba bayangkan dihadapan anda ada sebuah gelas kosong, dan kemudian gelas itu diisi air hingga penuh. Setelah penuh, ternyata proses pengisian gelas itu masih berlanjut. Apa yang terjadi? Air itu tumpah bukan? Begitu juga dengan saya, atau mungkin juga anda. Saya yakin setiap hari kita banyak menerima informasi, baik itu peristiwa yang kita alami, koran yang kita baca, dari website, email, buku. Saya rasa setelah kita download, ada keinginan dari kita untuk upload juga kan? Uploadnya dalam bentuk apa? Bisa nggosip, ngobrol dengan teman atau tetangga, bisa juga dituangkan dalam bentuk tulisan.

Nah, urusan upload inilah, saya tuangkan dalam bentuk blog ini. Sejak pertama kali posting hingga sekarang, ada sejumlah 66 postingan. Temanya beragam. Kesan saya tentang kota kelahiran saya, Semarang, sepak bola, buku, film, acara TV, dll.

Sejak pertama kali hingga sekarang, blog ini sudah diakses lebih dari 2000 kali. Dengan rata-rata 8-10 pengunjung per harinya dan setiap pengunjung rata-rata membuka 1.5 halaman. Masih sangat sedikit menurut saya. Terlebih kalau melihat blog-blog lain yang pengunjungnya hingga diatas 50 ribuan. Mungkin perhari bisa mencapai ratusan pengunjung.

Tapi, dengan angka segitu, sudah menggembirakan. Karena pada awalnya untuk mencapai angka 500 pun butuh waktu berbulan-bulan. Sekarang dengan rata-rata pengunjung 8-10 per hari, paling tidak dalam satu bulan ada 500 pengunjung.

Kalau dilihat dari asal pengunjungnya, kebanyakan pengunjung berasal dari google, loenpia.net, komunitas.muslimblog.net. Dan yang menggembirakan adalah adanya pengunjung tetap blog ini. Karena saya lihat ada yang membaca dari google reader, atau bloglines. Hal ini yang mendorong saya untuk tetap rajin posting, meskipun seringkali mampet ide.

Dari sekian banyak postingan, yang paling banyak diakses, yakni tulisan tentang sejarah koran kompas, kemudian diikuti tentang Islam Liberal, dan tentang film Soe Hok Gie.

Dan waktu yang paling banyak dan nyaman saya gunakan untuk menulis adalah saat pagi sebelum bekerja, mungkin karena didorong suasana kantor yang masih sepi, dan juga waktu sebelum tidur. Pernah juga, di luar waktu-waktu itu, tapi biasanya saya kurang puas dengan hasilnya.

Dan saya terkadang tidak perduli dengan hal itu, karena satu hal, blog ini saya jadikan sebagai tempat untuk belajar menulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: