Articles

Ngontrol Nafsu Belanja

In Finance on Maret 27, 2007 by nonblogs

Jika anda ditanya, lebih suka mana datangnya hari Jum’at (berarti besok libur), atau gajian?

Kalau saya sih, milih pas terima gaji di hari Jum’at. Wah, itu rasanya nikmat banget deh..

Seperti weekend kemarin ini, gaji yang seharusnya diterima tanggal 25, karena jatuh hari minggu ya dibayarkan hari Jum’at ini, tanggal 23.

Dan kalau sudah begitu, nafsu belanja tiba-tiba bisa melonjak tinggi. Bahkan kalau tidak hati-hati bisa tak terkontrol. Terlebih setiap hari Jum’at, kalau kita buka koran akan kita jumpai iklan diskon gedhe-gedhean kira-kira setengah halaman bahkan terkadang 1 halaman full color. Promonya pun berlangsung singkat, hanya sekitar 2-3 hari.

Seperti Jum’at kemarin, ada satu toko elektronik yang memberi diskon gedhe banget untuk beberapa macam. Kalau dilihat dari harganya pun ajaib. Tapi ya itu, tidak disebutkan berapa barang yang ditawarkan. Hanya disebutkan selama persediaan masih ada.

Yang mencolok di kompas tanggal 23 Maret 2007 ini, iklan satu halaman penuh pembukaan 1st Computer Square yang lokasinya di Mangga Dua Square. Yang meresmikan Wagub DKI Jakarta, Fauzi Bowo (meresmikan atau curi start kampanye ya ..).

Barang-barang yang ditawarkan harganya juga ajaib. Rekan-rekan yang ngerti harga barang IT, langsung kaget ngliat harga yang ditawarkan. Yang membedakan adalah mereka menyebutkan jumlah barang yang dia punyai untuk barang yang dipromo tadi.

Sebenarnya yang pertama tadi nggak nipu, tapi informasinya mungkin akan kurang bisa ditangkap jelas oleh masyarakat. Hanya disebutkan selama persediaan masih ada.
Cara seperti ini memang bisa menjadi bumerang bagi toko yang bersangkutan. Jika orang terlanjur datang, dan ternyata barang yang diincar sudah laku (mungkin persediaannya hanya 1-2 unit saja), yang dibawa pulan adalah kekecewaan.

Buat konsumen, diskon gedhe adalah berkah. Bagaimana tidak, diskon yang didapat bahkan bisa sampai 30% lebih. Cuma, sekali lagi kalau tidak hati-hati ini bisa jadi bumerang bagi konsumen itu sendiri. Terlebih sekarang marak sekali promosi antara Hypermarket dengan Bank penerbit Kartu Kredit. Pengguna Kartu Kredit tertentu akan mendapatkan diskon 20% untuk semua barang dari tanggal sekian sampai sekian.

Yang perlu diperhatikan adalah
• Pastikan bahwa barang yang anda beli memang dibutuhkan. Sudah menjadi kebiasaan, kalau kita belanja ke hypermarket jarang sekali kita membawa catatan barang belanjaan. Akibatnya, begitu lihat harganya murah, ambil. Padahal begitu sampai rumah belum tentu dipakai. Yang lebih penting sebenarnya disiplin pada apa yang daftar belanjaan.
• Jarang sekali ada program diskon buat pemegang Kartu Debet. Kebayakan program diskon buat pemegang kartu kredit. Diharapkan konsumen tidak akan membayar lunas hutangpada saat tagihan pertama datang. Yang berarti bunga..bunga..bunga… Coba kalau bunga kartu kredit 2.5% per bulan, berarti kalau setahun 30%. Padahal bunga SBI aja paling sekitar 9%. Gedhe banget kan keuntungan buat bank….
• Kalau tetap mau pakai kartu kredit buat program diskon ya, hitung aja dulu kira-kira bulan depan ada dana buat bayar apa nggak. Kalau ada, begitu ada promo diskon 20%, gesek aja. Terus bulan depan pas tagihan datang, langsung bayar habis. Aman kan… paling kena biaya buat bayar lewat ATM Rp. 5000
• Habis itu kalau mau cari untung ya, barang itu jual lagi ke temen. Lumayan kan ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: