Articles

The Other Side of Me

In books on Juli 26, 2007 by nonblogs

Memoar dari seorang penulis yang pada tahun 1997, oleh Guinness Book of World Records dinobatkan sebagai Most Translated Author in the World – Penulis yang Karya-karyanya Paling Banyak Diterjemahkan di Dunia. Novel-novel Sidney Sheldon terjual lebih dari 300 juta eksemplar di 108 negara, dan diterjemahkan ke 51 bahasa. Sungguh suatu pencapaian yang dahsyat.

Kesuksesan Sidney Sheldon, yang bernama asli Sidney Schechtel, sebagai seorang penulis seperti layaknya orang sukses lain di seluruh dunia, diawali dengan berbagai macam kepahitan hidup. Terlahir di keluarga miskin yang sering berpindah-pindah kota, karena tuntutan pekerjaan sang ayah sebagai Salesman yang sering pindah-pindah kota dan perusahaan.

Selain itu juga, penolakan-penolakan atas karya Sidney di awal karir. Berbagai macam pekerjaan telah dilalui oleh Sidney, baik itu sebagai karyawan hotel, penulis lagu, pilot Angkatan Udara, dan lain-lain.

Dan cerita tentang kisah hidup Sidney di awal karir itulah yang begitu mendominasi buku ini. Cerita tentang keluarga, yang akhirnya berpisahnya kedua orang tua Sidney yakni Otto dan Nathalie, dan perjuangan Sidney menembus Hollywood dan Wajib Militer, mendapat tempat yang cukup banyak di buku ini. Paling tidak hingga ¾ buku ini.

Sedangkan kesuksesan Sidney di dunia penulisan novel, justru hanya sedikit mendapat tempat yakni di bagian akhir buku ini.

Hal ini berbeda dengan On Writing yang ditulis oleh Stephen King, yang penuh dengan pengalamannya sebagai penulis novel, dan tidak lupa dengan tips-tips penulisan. Hal inilah yang tidak saya temukan di The Other Side of Me. Padahal Sidney sendiri mengakui bahwa proses menulis inilah yang paling dia nikmati, salah satunya saat berkelana keliling dunia melakukan riset untuk novel-novelnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: