Articles

Pelanggan Pasca Bayar Selular; Dibutuhkan tapi Dicuekin

In Opini on Maret 14, 2008 by nonblogs

Jika Pak Budi Rahardjo marah-marah ke Operator Selular karena billingnya melonjak, adalah satu hal yang wajar.


Kenapa wajar? Ya bagaimana tidak wajar, wong sebenarnya Operator Selular itu butuh konsumen yang seperti Pak Budi, termasuk juga saya🙂. Karena kita adalah pelanggan pasca bayar.

Orang yang selalu setia kepada satu operator. Setia diantara begitu banyak orang yang beli nomor tetapi memperlakukannya seperti beli pulsa. Hari ini beli, besok begitu pulsa habis ya nomornya dibuang. Terus beli nomor baru lagi. Wong bonus pulsanya gedhe. Dan harga yang dibayarkan adalah untuk nilai pulsanya. Dan nomornya tidak ada harganya alias gratis.

Berbeda jika kita bandingkan diawal tahun 2000 saat operator baru masuk tahap-tahap awal. Satu nomor bisa berharga amat mahal sekali. Saya saja beli nomor sekitar 200 ribu. Bandingkan dengan harga sekarang?

Fakta ketidaksetiaan konsumen cukup memusingkan operator. Bagaimana tidak, pada akhirnya mereka tidak bisa menghitung berapa jumlah pelanggan mereka sebenarnya. Alias banyak nomor hangus.

Dan jika kita mendengar jumlah pelanggan selular yang ada dikoran-koran itu, patutlah dipertanyakan, apakah itu termasuk nomor-nomor yang sudah hangus?

Katanya sih, kalau Telkomsel, mengkategorikan sebuah nomor itu pelanggan atau bukan jika nomor itu aktif selama minimal 6 bulan. Kurang dari itu tidak dianggap sebagai pelanggan.

Dan perang tarif murah antar operator, tujuan utamanya adalah untuk menarik pelanggan baru. Dan KITA HARUS JELI. Karena umumnya yang menjadi bagian dari promosi itu adalah untuk pengguna PRA BAYAR! Bukan PASCA BAYAR. Semakin banyak pelanggan, akan semakin baik arus kasnya.

Bagaimana dengan pelanggan pasca bayar?
Itulah, apes benar nasibnya. Selama ini tidak pernah ada promosi upaya perusahaan untuk tetap menjaga pelanggan pasca bayar. Tarif promosi tidak pernah untuk pelanggan pasca bayar. Jadi ya tarifnya tetap mahal.

Aneh kan, Dibutuhkan Tapi Dicuekin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: