Articles

Mari Hancurkan Sepak Bola Indonesia

In Football on Mei 7, 2011 by nonblogs

Dalam seminggu terakhir muncul berbagai macam berita tentang keterlambatan gaji pemain bola klub-klub liga indonesia.

Entah kenapa munculnya bisa serentak menjelang berakhirnya kompetisi tahun ini. Ini memang penyakit ibarat kanker sudah stadium 4. Sulit untuk disembuhkan. Walaupun masih ada peluang untuk memperbaikinya.

Sebenarnya kacaunya manajemen klub itu sudah dari terlihat dari awal. Kalau seandainya tidak punya dana yang cukup, kenapa menghambur hamburkan dana APBD hanya untuk membayar mahal pemain asing yang nggak jelas? Kenapa tidak memberdayakan “local content”?

Seorang pengurus bola terkenal pernah bilang sebenarnya pasar pemain lokal diluar yang selama ini beredar adalah “unlimited”. Begitu banyak pemain bagus di klub klub devisi bawah bahkan mungkin tarkam. Tetapi mereka tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk bersaing menunjukkan kemampuannya.

Masih ingat kasus Hendro Kartiko yang berasal dari pemain Tarkam di sekitaran Jatim?

Dan harganya pasti jauh lebih murah. Pernah suatu periode di mana anggaran gaji seluruh prmain PSIS setahun adalah 1.3 milyar. Tahukah anda dengan angka yang sama pemain bintang semacam Bambang Pamungkas menerima untuk kontrak setahun?

Memang pada saat itu PSIS pemainya mayoritas pemain muda usia yang selama ini tidak pernah dilirik. Tetapi terbukti setelah beberapa tahun beberapa pemain tersebut menjadi pemain timnas U23 asuhan Riedl waktu melawan Turkmenistan.

Pertanyaan yang patut diajukan terhadap manajemen klub adalah penonton yang datang ke stadion begitu berlimpah, tetapi kenapa tetap mengeluh kekurangan dana?

Apakah penontonnya tidak membayar?
Apakah penontonnya didatangkan oleh panitia?
Apakah hasil dari tiket dikorupsi sama pengurus?

Nggak jelas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: