Articles

Banyak Massa Banyak Uang

In Football on Februari 24, 2011 by nonblogs

Banyak jalan menuju roma, banyak jalan pula tuk mencari uang. Dan seringkali jalan untuk kaya tidak harus melalui pencapaian prestasi akademik yang cemerlang.

Salah satu contoh jalan mendapatkan uang tanpa menjadi pintar secara akademik adalah mengumpulkan massa. Semakin banyak orang yang anda kumpulkan semakin banyak uang anda. Tidak percaya?

Yang dibutuhkan adalah kemampuan komunikasi dan memimpin terutama secara informal. Untuk menjadi pemimpin informal seorang preman pun bisa. Seorang preman yang punya banyak pengikut akan dengan mudah mendapatkan uang. Bagaimana bisa?

Seorang politikus yang butuh massa untuk mendemo musuh politiknya akan berani mengeluarkan uang kepada preman tsb untuk mengerahkan anak buahnya mendemo sasaran.

Yang dapat duit banyak ya si preman tadi, kalo pengikutnya dapat duit tapi sekedarnya dan makan gratis.

Apakah cuma buat demo? Eitss jangan salah, massa bayaran tadi bisa digunakan untuk menonton bola! Aneh kan? Orang nonton bola kok dibayar. Biasanya kan bayar..

Simbiose mutualisme lah. Si pemberi order yang biasanya adalah pejabat daerah yang dapat giliran mengelola tim sepak bola setempat butuh dukungan massa biar kesebelasannya dapat menang. Maka dia rela membuang uang untuk penonton bayaran, yang biasanya ditempatkan di belakang gawang alias tribun utara selatan. Kenapa di utara selatan? Ya iya disitu kan tiketnya paling murah, jadi kalo rugi ya nggak banyak lah.

Itulah Indonesia, penonton sepakbola kok dibayar….

Tinggalkan komentar